Bagian Kamera Digital Tampak Depan

2 Sep 2014

Bagi sobat yang senang atau menyukai dunia Digital Photography atau hanya ingin sekedar tahu fungsi dari bagian pada kamera digital, saya sedikit share tentang apa sih nama bagian-bagian pada kamera digital. Emang sih ga semua kamera digital akan tampak sama seperti gambar ini. Tapi itu bukan masalah buat kita. Sebab, yang sedang kite pelajari bukan gambarnya,melainkan bagian-bagian yang terdapat di dalamnya.

Nah.. Biar kita lebih kenal apa nama dan fungsi dari setiap bagian dari kamera digital ini.Yuk kita simak penjelasannya berikut ini :
.fdbba46496d081374367fd946010c23e_r1
1. Control wheel atau jog wheel.
Bagian ini biasanya diletakkan didekat Shutter Release. Supaya si pemotret mudah untuk menjangkaunya. Dengan meletakkan bagian ini di dekat shutter release, si pemotret alias si photographer jadi bisa menjangkau bagian ini dengan jari yang dia gunakan untuk menjangkau shutter release.

Lalu, apa fungsi dari bagian ini? Bagian ini biasanya di gunakan untuk mengubah setting-setting tertentu dari camera digital yang bersangkutan. Misalnya : ada kamera jenis tertentu yang manfaatin bagian ini untuk mengatur setting Shutter Speed. Ada juga camera digital yang manfaatin untuk ngubah setting Aperture, atau mengubah filters, flip, dan sebagainya.
Masing-masing produsen dan jenis camera emang memanfaatkan bagian ini untuk kegunaan yang berbeda, sesuai dengan keinginan dan selera masing-masing. Tapi, pada umumnya fungsi dan kegunaan masih rada-rada mirip alias kaga beda-beda amat. Dari buku manual yang disertakan dengan camera yang kita beli, biasanya kita akan tahu untuk mengubah setting apa Control wheel di gunakan.

2. Shutter release.

Umumnya bagian ini diguna’in oleh camera digital buat menangkap dan mengunci objek yang ada di depan. Biasanya dengan menekan lalu melepaskan tombol yang terdapat pada bagian ini, camera digital tersebut akan menangkap dan menyimpan objek menjadi sebuah photo.

3. Microphone/speaker.
Jenis-jenis camera digital tertentu, biasanya dilengkapi dengan fitur untuk merekam video atau film. Nah… Dengan microphone, camera digital bukan cuma bisa merekan gambar, tapi juga suara. Kemudian dengan speaker, juga dapat memainkan suara yang terekam.

4. Handgrip.
Bagian ini berfungsi untuk memudahkan kita pada saat memegang camera. Bentuknya juga pasti bervariasi, sesuai dengan selera dari pembuat kamera tersebut.

5. Focus ring.
Bagian ini digunakan untuk mencari fokus atau mengubah tingkat ketajaman. Tidak semua jenis camera mengunakan fokus ring yang seperti ini. Ada juga beberapa jenis camera yang menggunakan tombol untuk mengatur fokus. Bentuk ring atau lingkaran ini dipilih untuk mereka yang sudah terbiasa dengan jenis camera film (non digital).

Sama seperti focus ring, beberapa jenis camera lebih memilih bentuk tombol untuk bagian ini sebagi pengatur zoom.

7. Lens.
Setiap camera pasti punya bagian ini. Bagian ini dibutuhkan kamera untuk menangkep gambar/obyek. Seberapa besar (tinggi dan lebar) dan seberapa jauh sebuah camera digital bisa menangkap gambar, akan banyak bergantung dari jenis lensa yang digunakan.

8. Filter thread.
Bagian ini sebenernya adalah bagian tambahan. Yang artinya, tidak semua jenis camera dilengkapi dengan bagian ini. Dengan fitur tambahan ini, kamera kita jadi punya kemampuan yang lebih. Tas kamera murah juga banyak tersedia, sehingga bagian kamera digital dapat terlindungi.

sumber : daddyrocknroll.blogspot.com


TAGS fungsi kamera bagian kamera prinsip kerja kamera


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post